Kamis, 25 November 2021

Peran Guru dalam Menghadapi Era Disrupsi

Peran Guru dalam Menghadapi Era Disrupsi
Iluastrasi Seorang Guru
Dewasa ini perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi berlangsung begitu cepat dan massive. Hal ini tentu saja menjadi peluang sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan, terutama para guru sebagai ujung tombak pendidikan. Menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 bahwa tugas seorang guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, membimbing, melatih dll peserta didik.

Inovasi teknologi informasi memberikan dampak positif bagi para guru dan peserta didik jika dapat memanfaatkannya dengan baik. Akses sumber belajar, bahan ajar, materi pelajaran, media pembelajaran banyak tersedia di internet yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja untuk membantu kegiatan belajar mengajar dan mengembangkan kompetensi.

Dibutuhkan kesadaran bagi seorang guru dan peserta didik untuk menggunakan media internet. Minimal mampu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang pesat, dan menggunakannya untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Namun, peserta didik, yang notabene generasi millenial, tentu saja berbeda sikap, perilaku, dan pola pikirnya dengan para guru saat sekolah zaman dulu. Kemudahan teknologi informasi melalui aplikasi mobile atau smart phone membuat para siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari dunia luar, baik itu negatif maupun positif. Yang kadang-kadang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Massive nya informasi negatif seperti ujaran kebencian, provokasi, berita hoax, radikalisme dan cyber bulying yang tersebar luas di media sosial berpotensi mempengaruhi para peserta didik jika mereka tidak dapat memfilter dengan baik.

Ini merupakan tantangan bagi guru di era disrupsi, yang mana perlu membekali para peserta didik dengan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif mengenai dinamika kehidupan di media sosial yang terus berkembang pesat. Banyak hal positif dari media sosial, akan tetapi tidak sedikit hal negatif didalamnya. Sehingga tidak mudah terbawa arus yang mengarah ke hal-hal negatif, yang muaranya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Selamat Hari Guru Nasional
Selamat Hari Guru Nasional
Dihari yang penuh sejarah ini bagi profesi seorang guru, tepat tanggal 25 November, hari dimana diperingati sebagai hari guru di Indonesia, keluarga besar SMP Negeri 4 Pakenjeng Kabupaten Garut mengucapkan "Selamat Hari Guru Nasional". Semoga Bapak dan Ibu Guru di seluruh tanah air diberi kesehatan, kesalamatan, kebahagiaan di dunia dan di akhirat amin.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Mulai 2 Juni 2022 komentator tidak diizinkan menggunakan Anonim, agar komentar Saudara dapat dipertanggungjawabkan.

Silahkan gunakan akun google Saudara untuk berkomentar di postingan ini.

Follower

Find US

Download Aplikasi Android SMPN 4 Pakenjeng