Kamis, 18 November 2021

Kegiatan Diklat Penguatan Wawasan Kebangsaan di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu

diklat wasbang pppptk pkn ips kota batu
Pembukaan Diklat Wasbang
Garut, 18/11/2021, Sampurasun! Belum lama ini penulis di undang dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Bagi Guru Mata Pelajaran (Mapel) PKn dan IPS Jenjang SMP Angkatan 9 di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS) Kota Batu Jawa Timur.
Pembelajaran di Kelas IPS
Pemaparan Materi Oleh Fasilitator
Kegiatan diklat tersebut dilaksanakan pada tanggal 3-8 November 2021 dan bertempat di PPPPTK PKn IPS Kota Batu. Tidak ada persiapan khusus dari penulis, karena memang sebenarnya penulis tidak lolos dalam seleksi pendaftaran secara daring. Hanya saja penulis terpilih menjadi "peserta pengganti" dan baru dihubungi H-2 oleh panitia kegiatan via WhatsApp dan Telpon.
Pembuatan Tugas Kelompok
Penyusunan Tugas Kelompok
Kegiatan Diklat wawasan kebangsaan ini diikuti oleh Guru Mapel IPS SMP sebanyak 15 orang dan Guru Mapel PKn SMP sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai daerah/provinsi di Indonesia. Adapun fasilitator / pengajar untuk Kelas IPS diampu oleh Ibu Dr. Retno Kinteki dan Bapak Dr. Subhan Rojuli.
Presentasi Tugas Kelompok
Presentasi Tugas Kelompok
Materi pada diklat wawasan kebangsaan meliputi 1) Masyarakat Multikultural, 2) Pancasila Ideologiku, 3) Jejak Perjuangan Bangsa Indonesia, 4) Posisi Strategis Indonesia, 5) Harmoni Sosial, dan Bela Negara. Pembelajaran di kelas menggunakan metode Joyfull Learning dan Meaningfull Learning, sehingga kegiatan diklat tidak terkesan membosankan, tapi sangat menyenangkan dan bahkan penulis sendiri alhamdulillah tidak pernah mengantuk di kelas hehehe.
Orasi Demonstrasi Tugas Kelompok
Orasi / Demonstrasi Tugas Kelompok
Kegiatan dimulai pukul 08.00 - 16.30 WIB selama 6 hari. Khusus hari ke-5 adalah kegiatan unjuk budaya dari peserta, yang mana merupakan pentas seni menampilkan berbagai seni asal daerah masing-masing peserta. Para peserta memakai baju adat daerah asal. Penampilan unjuk budaya meliputi tari, nyanyi, permainan, dan lain sebagainya serta diakhiri sesi foto bersama antara peserta dengan para fasilitator.
Foto Bersama Peserta dan Widyaiswara
Foto Bersama Peserta dan Widyaiswara
Kegiatan berlangsung cair serta sangat menyenangkan. Tidak tampak wajah sedih dari para peserta, semua bahagia menikmati kegiatan diklat. Meskipun para peserta berasal dari berbagai daerah dengan bahasa dan budaya yang berbeda, tapi mereka langsung bisa beradaptasi dan akrab. Sehingga sangat terasa rasa kekeluargaannya.
Unjuk Budaya Tari Daerah
Penampilan Tari dari Peserta Diklat
Tidak hanya itu, disela-sela kesibukan peserta mengikuti kegiatan diklat, mereka juga tak ketinggalan untuk jalan-jalan keliling kota batu untuk menikmati kuliner dan mengunjungi berbagai obyek wisata yang tersebar di kota wisata ini.
Foto Bareng Fasilitator dengan Baju Adat Daerah
Foto Bareng Fasilitator dengan Baju Adat Daerah
Fasilitator juga menitip amanah untuk mensosialisasikan hasil dari diklat ini kepada masyarakat pada umumnya, peserta didik dan guru pada khususnya para anggota/prngurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di daerah tempat bertugas. Tugas ini merupakan Program Tindak Lanjut dari kegiatan diklat yang harus diselesaikan oleh para peserta selama 3 bulan setelah mengikuti kegiatan diklat.
Penutupan Kegiatan Diklat Penguatan Wawasan Kebangsaan oleh Kepala PPPPTK PKn IPS
Penutupan Kegiatan Diklat
Saat acara penutupan, Bapak Dr. H. Subandi, M.M. selaku Kepala PPPPTKn PKn dan IPS mengatakan "dahulu kegiatan diklat ini diikuti oleh orang-orang itu-itu saja, terutama "yang dekat" dengan dinas pendidikan, tapi sekarang semua guru punya kesempatan untuk mengikuti kegiatan diklat, karena pendaftaran dan seleksi dilakukan secara transparan dan akuntabel melalui website".
Penyerahan Sertifikat Diklat dan Honorarium Peserta
Penyerahan Sertifikat Diklat
Kegiatan diklat ini merupakan pengalaman pertama bagi penulis sejak mengabdi di SMPN 4 Pakenjeng. Memperoleh kesempatan untuk menimba ilmu dan mengembangkan kompetensi di luar daerah dengan bertemu dengan para guru dari berbagai daerah. Semoga penulis bisa memanfaatkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari PPPPTK PKn dan IPS, semoga.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Mulai 2 Juni 2022 komentator tidak diizinkan menggunakan Anonim, agar komentar Saudara dapat dipertanggungjawabkan.

Silahkan gunakan akun google Saudara untuk berkomentar di postingan ini.

Follower

Find US

Download Aplikasi Android SMPN 4 Pakenjeng